Roma

Kamis, 07 Juli 2011

“INIKAH BALASANMU PADANYA?” (Dibuang sayang dari seminar seminggu tentang Imamat)

Inno Ngutra
Teman-teman sekalian,

Waktu pelayanan sakramen pengakuan malam ini harus diperpanjang sampai jam 9 malam karena sekitar 10 orang yang masih antre. Setelah itu saya harus menempuh perjalanan sekitar 1jam 30 menit untuk sampai ke tempat kostku sehingga tidak sempat lagi menuliskan renungan malam untuk teman-teman sekalian.

... Jika berkenan maka saya posting kembali saja salah satu cerpen saya dari koleksi pribadi yang saya buat sejak dua tahun terakhir ini kepada teman-teman sekalian untuk menemanimu sebelum merasakan dekapan putri malam:

“INIKAH BALASANMU PADANYA?”
(Dibuang sayang dari seminar seminggu tentang Imamat)

Doa pembukaan hari ke-3 seminar sungguh menyentuh hati. Ini terjadi bukan pada kata yang terangkai dalam kalimat-kalimat indah, melainkan pada sepenggal video pendek yang diputar oleh pembawa acara, yang mengajak para peserta untuk merenungkan tentang apa yang mereka lihat dan dengar dari video tersebut. Kisahnya sebagai berikut:

“Suatu pagi yang cerah, seorang ayah yang sudah lanjut usianya mengajak anak laki-lakinya yang berumur sekitar 30-an untuk menemaninya duduk di halaman rumah mereka sambil menghirup udara pagi yang segar. Ayahnya yang sudah pikun dan kabur penglihatannya tiba-tiba bertanya ketika mendengar suatu bunyi pada pohon di dekat tempat duduk mereka berdua.

Ayah : Apa itu? (Anaknya yang sementara asyik membaca koran pagi menjawab)

Anak : Oh, itu seekor burung (Tiba-tiba burung itu terbang semakin mendekat dan membuat lagi bunyi yang sama. Ayahnya, kemudian bertanya lagi)

Ayah : Apa itu? (Kesal akan pertanyaan yang sama, sang anak semakin meninggikan suaranya dan menjawab)

Anak : Ayah, itu seekor burung (Si burung terbang dan hinggap tepat di samping tempat duduk mereka berdua dan membuat lagi bunyi yang sama pada dedaunan pohon itu. Mendengar bunyi yang sama, sang ayah bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama)

Ayah : Apa itu? (Kekesalan anak terhadap perlakuan ayahnya semakin memuncak dan sambil melepaskan koran di tangannya, sang anak berteriak sambil mengeja huruf satu persatu)

Anak : I T U B U R U N G!

(Mendapatkan reaksi keras suara anaknya, sang ayah beranjak dari tempat duduknya dan berjalan menuju rumah. Selang beberapa menit sang ayah kembali ke tempat duduk sebelumnya sambil membawa sebuah buku diary di tangannya yang nampak berkerut, dan dengan gementar ia menyerahkan buku tersebut kepada anaknya sambil memintanya untuk membaca dengan suara yang agak keras. Si anak, lalu membaca bagian berikut ini dalam catatan harian sang ayah)

Sewaktu engkau kecil, engkau melihat pesawat terbang dan bertanya: “Ayah, apa itu? Aku menjawab: Itu pesawat terbang. Esoknya, ketika pesawat lain terbang di langit di atasmu, engkau menghampiriku dan bertanya lagi: “Ayah, itu apa? Aku menjawab dengan penuh kasih: Itu pesawat terbang, nak. Dua hari kemudian, ketika melihat pesawat lagi, engkau bertanya: Ayah, itu apa? Dan sekali lagi aku menjawabmu: Itu pesawat terbang, anakku. Pertanyaan yang sama terjadi sampai dua puluh satu kali, dan setiap kali engkau menanyakan pertanyaan yang sama, aku dengan sabar memberikan jawaban yang sama dengan sabar dan cinta karena aku menyadari bahwa akulah yang harus memberi jawaban kepadamu sebagai bekal pengetahuanmu kelak...(Si anak tak mampu lagi melanjutkan bacaannya karena air mata telah memenuhi seluruh area matanya. Ia lalu menutup diari sang ayah dan dengan penuh cinta ia memeluk erat ayahnya yang sudah tua beruban itu)

Dalam hampir semua tradisi anak manusia, terdapat keharusan untuk menghormati orang yang lebih tua dalam umur apalagi orang tua kita masing-masing. Kitab Suci memberikan tempat spesial bagaimana kita harus menghormati orang tua kita. Beberapa teks dapat kukutip di sini, seperti: Kel.20:12; “Hormatilah ayah ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.” Atau Zir.7:27; “Hormatilah bapamu dengan segenap hatimu, dan sakit beranak ibumu jangan kaulupakan.” Dan yang lain dalam Mat.19:19; “Hormatilah ayah ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Inti dari semua ini adalah hendaknya kita memberikan penghormatan yang wajar kepada orang tua kita masing-masing, yang karena cinta merekalah saudara dan saya bisa datang ke dunia ini, bertumbuh dan berkembang, dan akhirnya masih ada sampai saat ini.

Dewasa ini, kita temukan di berbagai belahan dunia bagaimana mereka yang lanjut usia hidup dalam kesendirian dan kesepian yang mencekam. Hanya untuk menghindari konflik dengan anggota keluarga lain, akhirnya banyak orang mengirim dan menitipkan orang tua mereka ke panti-panti jompo. Dan, tentunya kisah sedih serupa bahkan lebih menyedihkan harus di alami oleh para biarawan-biarawati yang tidak mempunyai keterikatan hubungan darah dengan para anggota muda dalam tarekatnya. Aku selalu membayangkan dan bertanya:

“Seandainya waktu kita masih kecil, hanya karena alasan kesibukan kerja atau aktivitas lainnya, orang tua kita menitipkan kita di panti-panti asuhan selama bertahun-tahun, maka apa yang nantinya kita rasakan? Apa yang nantinya kita perbuat jika kita tahu kita diperlakukan seperti itu? Tapi syukur bahwa beban hidup dan pekerjaan tidak pernah memadamkan api cinta mereka sebagai bapa dan ibu yang harus memberikan cinta mereka secara langsung kepada buah-buah hati mereka, yakni saudara dan saya sehingga kita dapat ada seperti kita ada saat ini.

Video singkat di dalam doa pembukaan itu sungguh mengatakan dan mengajarkan kepadaku bagaimana aku harus memberikan penghormatan yang wajar kepada orang tuaku. Aku teringat pada tahun 1991 sewaktu aku dihantar oleh almarhun ayah tercintaku untuk meninggalkan kota Ambon menuju Manado demi melanjutkan pendidikan sebagai seorang frater. Ayah yang untuk pertama kali dalam hidupnya meninggalkan tempat kelahirannya dan datang ke pusat ibu kota propinsi Maluku, memberikan sebuah signal cinta lewat penemanannya. Dari raut wajahnya aku menangkap segudang harapan kepadaku bahwa pengorbanannya hendaklah tidak disia-siakan olehku. Tahun 1994 beliau menghembuskan nafas terakhir dan sangat menyedihkan bahwa aku tidak menyempatkan diri melihatnya untuk terakhir kalinya, hanya karena aku sedang belajar dan tidak ada biaya untuk perjalananku kembali ke Ambon saat itu. Sungguh sebuah kisah sedih tapi memang “benih itu harus mati agar bisa menumbuhkan tunas-tunas baru.” Ia pergi agar aku datang. Ia mati agar aku hidup. Inilah dorongan utama bagiku untuk menjadi seorang imam/romo, dan motivasi ini tetap membahana dalam jiwaku untuk mencintai imamatku seumur hidupku, apapun tantangan yang kuhadapi selama perjalanan hidupku sebagai seorang imam.

Ini hanyalah sepenggal kisah yang kualami, yang kumaksudkan untuk mengajak Anda sekalian, para pembaca untuk berefleksi tentang apa yang Anda alami dalam kehidupanmu, terutama dalam relasimu dengan mereka yang sudah lanjut usianya dalam tarekatmu, terutama dalam rumahmu sendiri. Ya, mereka yang Anda panggil papa-mama, opa-oma. Dalam umur sedemikian, tentunya pengetahuan mereka semakin memudar, daya ingat mereka semakin berkurang, kata-kata mereka semakin tak menentu tapi semuanya itu takan pernah menghilangkan kenyataan bahwa mereka adalah orang tua kita masing-masing, yang dari merekalah kita lahir, bertumbuh dan berkembang sehingga kita ada sebagaimana kita ada sekarang ini.

Demikian pun isi video singkat yang kuceritakan di atas hanyalah sepenggal refleksi yang mengatakan dan mengajarkan banyak nilai yang harus kita renungkan dalam hidup. Aku hanya berharap semoga dari hari ke hari kita semakin menunjukkan cinta kita yang tanpa batas kepada mereka yang lanjut usiannya, terutama ayah dan ibu kita masing-masing. Mereka mungkin tak bisa menjelaskan lagi keinginan hati dan pikiran mereka tentang banyak hal namun raut wajah mereka, tingka laku mereka, dan kehadiran mereka adalah sebuah undangan untuk mencintai. Cinta itu akan terasa indah bila ada tantangan dan hambatan. Ketuaan fisik dan kelambanan pikiran adalah sebuah tantangan nyata bagi kita untuk membutktikan sejauh manakah cinta kita dapat bertahan dan mencapai kesempurnaan. Mereka ada agar kita mempunyai alasan untuk belajar mencintai. Mereka ada agar kita mempunyai tempat untuk mempraktekan cinta kita. Semoga cerita singkat ini membantumu memaknai perjalanan hidupmu sebagai seorang anak manusia di zaman moderen ini.

Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

Romo Inno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar